Sosialisasi Surat Edaran Menteri PUPR No.6 Tahun 2019 dan Penerapan Sertifikat Digital

 

Sosialisasi yang diadakan pada hari jum’at, tanggal 5 April 2019, bertempat di hotel Amaris Samarinda, dihadiri oleh beberapa asosiasi badan usaha dan asosiasi profesi.

Acara ini dibuka langsung oleh bapak Ir. Heru Cahyono selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Kalimantan Timur.

Pemaparan Sertifikat Digital disampaikan oleh bapak Affan Anshari, Ketua USBU LPJK Prov. Kaltim. Sebagaimana layaknya suatu produk  baru diluncurkan, penggunaan Siki Digital ini oleh asosiasi masih banyak terdapat eror dan kesulitan dalam prakteknya, namun nanti seiring perjalanan waktu, eror akan dapat diperbaiki dan penggunaannya akan jadi lebih mudah. Dari pihak LPJK Prov. kaltim membuka grup admin antara  Asosiasi dengan Admin LPJK Prov. Kaltim untuk mempermudah tanya jawab terkait penggunaan Siki Digital ini.

Pada dasarnya tujuan dibuatnya program Siki Digital ini adalah untuk memperkuat Sistem Sertifikasi di sektor Konstruksi juga bagian antisipasi pemalsuan sertifikat yang saat ini marak di lapangan. Otomatis, ketika sertifikat ini tidak muncul di sistem LPJK, maka keabsahannya diragukan,” papar John dalam Sosialisasi Sertifikat Digital di Hotel Century, Senin, (26/11/2018). Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin yang membuka secara resmi sosialisasi di Jakarta, menuturkan bahwa mulai 2019, proses lelang akan lebih terbantu dengan adanya pemberlakuan sertifikat digital. ( sumber : http://lpjk.net/2019-lpjk-terapkan-sertifikat-digital/ )

( sumber foto : http://lpjk.net/2019-lpjk-terapkan-sertifikat-digital/ )

Untuk dapat mengecek keabsahan Sertifikat Digital ini, Asosiasi, Badan Usaha, Tenaga ahli dan Terampil Konstruksi ataupun penyedia jasa dapat menginstal terlebih dahulu aplikasi “LPJK CERTIFICATE SCANNER” yang terdapat di Play Store.

Seperti yang disampaikan oleh bapak Rusdi Doviyanto, ST, MT, Manager Eksekutif Badan Pelaksana LPJK Prov. Kaltim, di Hotel Amaris Samarinda kemarin, Badan Usaha, Tenaga ahli dan Terampil Konstruksi, yang telah terlebih dahulu terbit sertifikat dalam bentuk fisik diberi waktu hingga tanggal 30 September 2019 untuk mengkonversi Sertifikat dalam bentuk Fisik menjadi Sertifikat Digital. Apabila lebih dari tanggal tersebut maka sertifikat dalam bentuk fisik tersebut tidak dapat lagi digunakan atau tidak berlaku. Jadi Asosiasi menghimbau bagi Badan Usaha, Tenaga ahli dan Terampil Konstruksi, anggota DPD ASKONAS dan HATSINDO Kalimantan Timur agar segera mengkonversi Sertifikat yang dimilikinya agar pada saat akan digunakan tidak terhambat dalam proses lelang. Badan Usaha, Tenaga ahli dan Terampil Konstruksi dapat mengkonversi sendiri sertifikatnya melalui link https://siki.lpjk.net/klaim-sertifikat-lpjk/  dengan mengisi data dan scannan kualitas yg baik, alamat email yang valid dan foto selfie pjbu memegang sertifikat atau Pemilik Sertifikat Tenaga Ahli dan Terampil selfie memegang sertifikat untuk di upload. Apabila Badan Usaha, Tenaga Ahli dan Terampil bingung untuk proses register, dipersilahkan untuk datang ke asosiasi agar bisa kami bantu untuk meregisterkannya.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: