SBU – JK ( LPJK )

SBU : Sertifikat Badan Usaha

JK : Jasa Konstruksi

LPJK : Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi

 

SBU – JK ( LPJK )

adalah Sertifikat yang dikeluarkan oleh badan yang terakreditasi LPJK kepada Perusahaan atau Badan Usaha yang telah lulus sertifikasi sebagai bukti perusahaan mampu melaksanakan pekerjaan pengadaan Jasa Konstruksi sesuai klasifikasi Bidang, Sub Bidang dan Kualifikasi yang tercantum dalam Sertifikat Badan Usaha

 

Klasifikasi Badan Usaha

Merupakan bagian dari proses registrasi badan usaha untuk menetapkan penggolongan usaha di bidang jasa konstruksi menurut disiplin keilmuan/keterampilan/keahlian yang dinyatakan dalam bentuk Sertifikat Badan Usaha (SBU). Misalnya, badan usaha dengan SBUklasifikasi Bangunan Sipil dengan sub-klasifikasi jasa pelaksana kontruksin saluran air, pelabuhan, dam, dan prasarana sumber daya lainnya. Sehingga diperkirakan ketrampilan atau keahlian badan usaha akan sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Bidang, Sub Bidang (terlampir dalam menu)

 

Kualifikasi  Badan Usaha :

K : Kecil ( CV/PT )

M : Menengah ( PT )

B : Besar ( PT )

Merupakan bagian dari proses registrasi badan usaha penggolongan usaha di bidang jasa konstruksi menurut tingkat/kedalaman kompetensi dan kemampuan usaha. Kualifikasi dikelompokkan dalam: usaha kecil, usaha menengah dan usaha besar, yang diperhitungkan dari: pengalaman; kualifikasi tenaga terampil/ahli yang dimiliki; memiliki dukungan keuangan yang sesuai.

Berdasarkan Klasifikasi dan Kualifikasi di atas, maka setiap badan usaha memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan lingkup nilai sebagai berikut :

 

Nilai Pekerjaan Yang Akan Diperoleh

USAHA KECIL

Kualifikasi Usaha Kecil (K) dapat menawar paket pekerjaan bernilai di bawah Rp. 10 Miliar. SBU yang dipersyaratkan dalam pekerjaan adalah sesuai dengan bidang pekerjaan yang diperlukan.

USAHA MENENGAH

Kualifikasi Usaha Menengah (M) dapat menawar paket pekerjaan senilai Rp. 10 – 100 Miliar. SBU sesuai  dengan klasifikasi dan sub-klasifikasi yang dipersyaratkan. Sub-kualifikasi untuk Usaha Menengah terbagi menjadi M1 dan M2.

USAHA BESAR

Kualifikasi Usaha Besar untuk menjalankan paket kegiatan yang bernilai diatas Rp. 100 Miliar dengan SBU disesuaikan dengan klasifikasi dan sub-klasifikasi yang dipersyaratkan. Usaha Besar dipilah menjadi B1 dan B2.

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha di bidang penyediaan jasa konstuksi bisa menentukan dari awal, apakah akan membuat usaha dengan kualifikasi Kecil (K), Menengah (M) atau Besar (B) tergantung kepada kemampuan modal yang dimiliki dan rencana strategis peroleh pekerjaan.

 

%d blogger menyukai ini: